18 Okt 2009


Open source merupakan aplikasi atau software yang berbasis terbuka, artinya kita dapat mengetahui code-code yang digunakan untuk menyusunnya kemudian mengembangkan sesuai dengan kebutuhan kita. Open source dapat berupa aplikasi maupun sistem operasi. Beberapa sistem operasi yang berbasis open source, diantaranya Ubuntu, Fedora, dan Mandriva. Sistem operasi yang berbasis open source juga telah dimiliki oleh bangsa Indonesia, seperti IGOS Nusantara dan BlankOn. Selain sistem operasi, open source juga dapat berupa aplikasi. Beberapa diantaranya adalah Open Office, Gimp, serta Amarok.



Open source kini mulai dipertimbangkan oleh masyarakat pengguna TIK di dunia. Selain karena masalah lisensi dan legalitas, open source juga lebih simpel dan sampai saat ini masih terbebas oleh virus. Indonesia sebagai salah satu Negara dengan jumlah pembajakan terbanyak di dunia mulai menentukan sikap. Mulai dari membuat sistem operasi yang berbasis open source hingga menggelar pelatihan-pelatihan mengenai penggunaan sistem operasi tersebut.


Indonesia sebentar lagi akan menyelenggarakan salah satu event besar mengenai open source di Jakarta. Event ini disebut GCOS 2009 (General Conference on Open Source). Event ini akan diselenggarakan pada 26 dan 27 Oktober 2009. Event ini akan mendatangkan pembicara-pembicara TIK baik dalam maupun luar negeri yang telah berpengalaman di bidangnya. Hal-hal yang akan dibahas dalam konfrensi ini, diantaranya open source untuk bisnis, pendidikan, serta pemerintahan. Terdapat juga beberapa workshop, seperti network/security,  animasi, dan kesehatan. Dalam event ini juga terdapat pameran sebagai penambah wawasan kita di bidang TIK khususnya open source.
Kita berharap dengan diadakannya event ini pengguna-pengguna open source di Indonesia semakin banyak dan mengurangi angka pembajakan itu sendiri. Kedepannya juga diharapkan muncul program-program maupun aplikasi yang memang diciptakan oleh anak-anak bangsa Indonesia.

Tagged: , ,

0 Coments:

Posting Komentar

Suwiasa Corp. © 2013 | Powered by Blogger | Blogger Template by DesignCart.org